Pages

Selasa, 05 November 2013

Perencanaan Rekam Medik

Assalamualaikum ^^
Ini salah satu contoh perencanaan di bagian rekam medik, data anggaran yang digunakan hanyalah simulasi.


Bagian
Aktivitas
Anggaran
Bagian Penyimpanan Arsip
1.   Merenovasi ruangan penyimpanan arsip yang semula 25x30 m menjadi 35x40 m
-    Biaya bahan baku bangunan
Rp 80.000.000,-
-    Biaya kontraktor
Rp 75.000.000,-
-    Biaya pengerjaan
Rp 35.000.000,-
2.    Membuat SOP mengenai pengelolaan rekam medik di ruang penyimpanan arsip
-    Biaya diklat
Rp 150.000,-
-    Biaya pembuatan SOP
Rp 100.000,-
3.    Mencetak stiker peringatan
untuk diletakkan di pintu masuk ruang penyimpanan arsip
-    Biaya pembuatan 2 buah stiker
2 buah stiker X @Rp 25.000 = Rp 50.000,-
4.    Memasang CCTV :
1 CCTV diletakkan di dekat pintu masuk, 1 CCTV diletakkan di bagian penyimpanan arsip
-   Biaya pembelian CCTV
2 buah CCTV X @Rp 10.000.000 = Rp 20.000.000,-
5.    Memasang 2 buah alat Exhauster
-    Biaya pembelian alat Exhauster
2 buah alat Exhauster X @Rp 750.000 = Rp 1.500.000,-
6.    Menambah 2 buah rak penyimpanan arsip rekam medik
-    Biaya pembelian rak penyimpanan arsip RM
2 rak X @Rp 250.000 = Rp 500.000,-
7.    Menggunakan sodium arsenite (meletakkannya di celah-celah lantai) agar ruangan terhindar dari serangan hama/pemakan kertas arsip atau setiap enam bulan sekali ruangan disemprot dengan racun serangga
-    Biaya pembelian Sodium Arsenite
Rp 65.000,-
-    Biaya pembelian racun serangga (tiap 6 bulan sekali)
Rp 25.000,-
8.    Melaksanakan kegiatan penyisihan berkas rekam medis inaktif dengan jumlah rekam medis baru untuk mencegah pencarian yang berlarut-larut saat diperlukan
-    Biaya pelaksanaan kegiatan penyisihan
Rp 50.000,-
Bagian Registrasi/Pendaftaran
1.    Menghitung persediaan lembar formulir untuk dokumen RM baru
-    Diperlukan 1500 lembar formulir dengan biaya @Rp 2.500, Maka 1.500 x @ 2.500 = Rp. 3.750.000
2.    Menambah 2 unit komputer
-    Biaya pembelian 2 unit komputer
2 unit komputer X Rp 4.000.000 = Rp 8.000.000,-
3.    Menambah jumlah SDM untuk mempercepat pelayanan sebanyak 2 orang
-    Biaya perekrutan 3 tenaga SDM
Rp 1.750.000,-
4.    Menambah 2 unit mesin pencetak dokumen
-   Biaya pembelian 2 mesin cetak
2 unit mesin cetak X @Rp1.000.000 = Rp 2.000.000,-
Bagian Penamaan dan Penomeran
1.    Beralih sistem yang semula manual menjadi sistem dengan komputerisasi
-   Biaya pembelian 2 unit komputer
2 unit komputer X @Rp 4.000.000 = Rp 8.000.000,-
2.    Menambah jumlah SDM untuk mempercepat pelayanan sebanyak 2 orang
-    Biaya perekrutan 2 tenaga SDM
Rp 1.750.000,-
3.    Menggunakan sistem nomor unit yaitu satu unit rekam medis rawat jalan, rawat inap, gawat darurat dari satu pasien diberikan satu nomor yang berlaku untuk selamanya
-   Biaya operasional
Rp 50.000,-
Bagian Pendistribusian Rekam Medis
1.    Beralih menggunakan pendistribusian berkas RM secara manual dengan menggunakan pneumatic tube untuk mempercepat pendistribusian dan meminimalisir kehilangan berkas RM
-   Biaya pembelian bahan penggunaan pneumatic tube
Rp 10.000.000
-    Biaya pemasangan pneumatic tube
Rp 2.500.000
-    Biaya operasional
Rp 1.750.000
2.    Melakukan pencatatan rutin mengenai berkas RM pasien yang akan didistribusikan ke unit-unit layanan
-   Biaya pengadaan buku untuk pencatatan
Rp 35.000,-
Bagian Koding
1.    Melakukan litbang tenaga perekam medis agar lebih terlatih dan tidak terus bergantung dengan melihat buku pedoman ICD
-   Biaya litbang
Rp 2.000.000,-
2.    Menambah 3 unit komputer yang semula hanya memiliki 5 unit komputer saja
-   Biaya pembelian 3 unit komputer
3 unit komputer X @Rp 4.000.000 = Rp 12.000.000,-
Bagian Pembuatan Laporan/Resume Medis
1.    Menambah 2 unit komputer yang semula hanya memiliki 4 unit komputer saja
-   Biaya pembelian 2 unit komputer
2 unit komputer X @Rp 4.000.000 = Rp 8.000.000,-
2.    Menambah 2 unit mesin pencetak yang semula hanya memiliki 4 unit mesin pencetak saja
-   Biaya pembelian 2 mesin cetak
2 unit mesin cetak X @Rp1.000.000 = Rp 2.000.000,-
3.    Melakukan sensus harian di tiap unit RS
-   Biaya pelaksanaan sensus harian
Rp 500.000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar