Pages

Selasa, 05 November 2013

Seputar Epidemiologi

Assalamualaikum ^^

Epidemi, Pandemi dan Endemi adalah :

1. EPIDEMI
Keadaan dimana suatu masalah kesehatan (umumnya penyakit) yang ditemukan pada suatu daerah tertentu dalam waktu yang singkat frekuensinya meningkat.
2. PANDEMI
Keadaan dimana suatu masalah kesehatan (umumnya penyakit), frekuensinya dalam waktu singkat meningkat tinggi dan penyebarannya telah mencakup wilayah yang luas.
3. ENDEMI
Keadaan dimana suatu masalah kesehatan (umumnya penyakit), frekuensinya pada wilayah tertentu menetap dalam waktu lama berkenaan dengan adanya penyakit yang secara normal biasa timbul dalam suatu wilayah tertentu.

4. KEJADIAN LUAR BIASA (KLB)
Salah satu kategori status wabah dalam peraturan yang berlaku di Indonesia.

Signs, Symptoms dan Disease adalah :

1. SIGNS
Tanda fisik suatu penyakit atau trauma yang bersifat objektif, yakni dapat diamati, diperiksa atau diukur dengan suatu alat oleh orang lain (dokter). Tekanan darah rendah (misal: 80/50 mmHg), suhu tubuh tinggi (misal: 38.5oC), denyut nadi cepat (misal: 110x per-menit), luka robek, memar adalah beberapa contoh sign.
2. SYMPTOMS
Gejala suatu penyakit/trauma yang dialami/ dirasakan seseorang. Symptoms bersifat subjektif, yakni hanya dapat dirasakan/dialami oleh pasien dan tidak dapat diamati, diperiksa atau diukur dengan suatu alat oleh orang lain (dokter). Nyeri (pain) adalah suatu symptom (gejala). Dokter tidak mengetahui seorang pasien sakit kepala, kecuali setelah pasien menceritakan keluhan sakit kepalanya kepada dokter. Beberapa contoh lain dari symptom yaitu: gatal, mual, kesemutan, vertigo, dll.
3. DISEASE
Suatu kondisi yang patologis, terdapat sign dan symptom.

Wassalam ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar