Pages

Sabtu, 05 November 2011

Wafer, Cemilan Mewah yang Merakyat

Assalamualaikum ^^




Belanda abad ke-7
Untuk pertama kali seorang koki kreatif di Belanda menyajikan hidangan pembuka yang tidak lazim. Kue itu dipanggan dalam bentuk dan cara spesial hingga teksturnya luar biasa renyah. "Waffle" yang artinya
kue yang renyah, sebagai cikal bakal wafer.

Eropa, abad pertengahan (abad ke-13)
400 tahun sejak wafer pertama dibuat, untuk pertama kalinya para pembuat wafer di Perancis berkumpul dan membentuk kongsi untuk memproduksi dan menjual wafer buatan mereka. Karena masih handmade dan dipanggang dengan pangganan biasa, semua wafer berbentuk sama, bundar dengan pola honeycomb (mirip sarang lebah). Tapi nggak lama kemudian pola itu mulai berkembang.

Chicago, 1893
Saat ini mesin uap telah ditemukan. Salah satu mesin yang paling diminati adalah yang mengeluarkan uap dengan aroma sedap, mesin itu bisa membuat wafer sendiri. Wafer pun muali diproduksi secara masal menggunakan mesin. Alhasil, wafer jadi makin populer !

Kerajaan Austro-Hongaria, 1880-1890
Dua produsen panganan ringan bergabung menciptakan wafer baru denagn ukuran yang lebih kecil dan lapisan lebih banyak. Wafer tersebut langsung populer di Austia dan Hongaria.

Eropa Tengah, 1920
Kini nyaris seluruh dunia mengenal wafer. Tapi kali ini wafer dibuat dalam bentuk kemasan. Tujuannya supaya kerenyahan wafer bisa tetap terjaga dalam jangka waktu yang lebih lama. Bentuk wafer sendiri pun kian beragam.

Sekarang..
Berbagai macam bentuk dan rasa wafer bermunculan dan nggak ada satu pun penduduk dunia yang nggak kenal cemilan ini.

Wassalam ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar